.

Kamis, 27 Februari 2014

1. Bridal – JJ Bride

12 Feb'13 *aku nulis ini

Vendor pertama yang gw deal itu adalah Bridal, bukan Venue. Seperti cerita gw yang sebelumnya disini, karena gw belum dapat tanggal dan juga agak susah buat mutusin mau di venue mana, maka gw beranjak untuk lihat-lihat bridal dulu. Yang tadinya cuman mau survey” harga di beberapa bridal, malah langsung nge-deal karena gw langsung ke JJ Bride. Itu SPB nya yang paling heboh untuk ajakin customer masuk, kalau udah masuk, susah dhe klo keluar tanpa ngedeal. Hahaha..

                Gw memang banyak baca di post wedding preparation blogger” kalau JJ Bride ini bagus, tapi gak sedikit juga info negatifnya.  Dan gw denger-denger memang bridal-bridal Taiwan itu bagus, dari segi make-upnya yang soft, fotonya yang bagus dan juga gaun-gaunnya yang bagus, tapi ada harga ada kualitas. Gw punya 2 pilihan bridal, JJ atau Catherine, karena 2 bridal itu yang cukup di rekomen yah. Gw kemarin itu kurang minat untuk survey” di tempat lain lagi, karena gw pikir gw mau kelihatan gorgeous donk di Big Day gw, dan gw percaya ada harga ada kualitas, so untuk vendor ini gw gak mw yang gw gak percaya lah. Ada juga King Foto, kan dia ada bridal juga tuh, harga foto prewednya juga gak murah loh pas gw tanya di foto wisudaan dulu. Gw kapok sama make up nya, eke di dandanin menor banget ugh! Gak cuma gw, temen gw juga sama kok, ngerasa menor make upnya, untuk fotonya juga biasa” aja foto wisuda gw. Cuman waktu itu gw ada liat album foto prewednya, keren” tapi di luar negri tuh keknya, harganya waktu itu aja mehong, apalagi sekarang. Apa karena wisudaan sama wedding beda? Hahaha.. gak tau lah.  So itu salah satu alasan gw kenapa milih bridal Taiwan.

                Nah, pas di JJ ketemu marketingnya, di kasih lihat dulu tuh foto album prewednya, sekalian bisa lihat baju” pengantinnya. Gw sih gak penting itu dulu dhe, jadi gw lihat-lihat bentar dan fotonya bagus sih, dan minta dijelasin harga yang mereka tawarkan, paketan juga ada apa yang ditawarin? Dijelasin lah satu-satu sama marketingnya, sewa gown berapa duid, second sekian, kalau baru sekian, kalau gak salah beda 3 jt. Gown baru juga ada gradenya, bedanya juga 3jt per naik grade, okeiii noted. Lalu make up disebutin sekian By Team (gak bisa milih), atau tambah sekian kalau By Request (bisa milih MUA nya mau siapa, gw lupa beda berapa, lumayen lah beberapa juta gituh bedanya). Lalu Foto Prewed, ditanya mau pakai album ukuran apa, kanvas pilih yang mana? juga di sebutkan sekian.

                Lalu, gw di suruh pilih” donk, dari mau pake gaun baru/second, make upnya gmn, prewednya gimana, indoor outdoor? Gw pilih gown second dulu, karena bisa upgrade kalau gw gak suka gown nya, kalau downgrade gak bisa, rugi donk? Jadi gw pilih yang paling bottom price dulu. Lalu make up juga yang by team saja, prewednya gw by team dan indoor dulu, gw masih galau outdoornya gimana. Hehehe.. Lalu dihitung” dhe, jadi sekian juta, dan abis disc sama dia jadinya ituh sekitar 18jt++. Nah, dari situ gw udah mulai tanya, trus dapet apa aja yah?

                Dijelasin lagi lah kalau gw dapet ini itu *klo menurut gw std bonus bridal lah, dari make up mama, pengapit*, trus dia ada nawarin lagi, kan gw pertama kali datang ke JJ. Kalau gw deal saat itu juga gw bakalan dapat best price, tapi hanya berlaku disaat itu juga. Nah, kita pengen tau harganya kan, dipanggilan Spv marketingnya buat jelasin lagi bla”, padahal gw udah pengen to the point aja sih berapa duid sih special pricenya? Cuman eke masih sabar, hahaha.. Jadi dengerin lagi dhe, lebih lengkap infonya.. Lalu dia buka lah, kalau untuk paket yang udah gw pilih” itu special pricenya sekitar 16.5jt++, kalau tambah prewed outdoor +1jt saja. Masih mikir” donk, trus gw minta bonus lagi, ini aja bonusnya? Dia sebelumnya ada tanya gw lebih pentingin apa, gaun, make up ato foto? Klo gw pilih make up yang bagus, derwin pilih foto. Ya udah, dia kasih gw bonus bisa milih MUA (By request), trus disc 50% buat upgrade gown, +5 foto, dll. Intinya gw sebenernya cukup puas sama bonus yg diberikan sama spvnya. Tapi gw kurang yakin, ini kalau orang lain bonusnya lebih banyak gak yah? Kurang gak ya yang dia kasih? Segitu ok gak yah? Gw tanya lagi, tambahin lagi donk bonusnya? Dia cm tambahin yg disc dr 45% jd 50% untuk upgrade gown. Dan minta nego, kan tadinya make up mama dapat 1x aja, gak dapet retouch.. Kita minta tambah retouch lah.. Eh gak bisa ya sudah dhe, gw gak minta disc lagi tp kasih bonus aja, gak alot lah minta” bonusnya, gw gak suka maksa” minta ini itu ato sampe alot negonya, tapi juga jangan pelit” gituh.. Hahaha..

                Nah, sekarang keputusannya nih galau… Gw serahkan ke derwin, gimana? Dia galau juga, bener gak nih ya langsung deal? Akhirnya dia ok untuk nge deal... Begitulah ceritanya kenapa kita gak perlu pusing berkepanjangan milih vendor bridal.. Hahaha.. Entah bener apa salah ni keputusannya.. Mudah-mudahan bener yah!

                Marketingnya rajin buat Follow Up untuk ngundang ke JJ buat liat” wedding gown dulu, karena kami udah tau tanggalnya kapan, kami makin pusying karena harus buru” prewed segala kan. Minggu, tanggal 9 Feb kemarin gw ke JJ, dan kerempongan dan esmosi derwin pun diuji.. Hahaha.. Ini janjiannya aja alot, tadinya mau jumat, si derwin mendadak di suruh meeting sama principal, jadi buru” ganti janji ke minggu. Tadinya marketingnya saranin kalau bisa weekday, tapi emangnya orang gak kerja yah? Pas gw tanya gituh dia bilang biasanya pada ijin/cuti. Buset, bisa di pecat juga kali kalau dikit” ijin/cuti. Ya gak? Hehehe… Kecuali kita bosnya, suka” dhe mau kerja kapan. LOL.. Marketingnya saranin gitu biar gak rame, dan gak usah nunggu”. 

Pas sabtunya ini marketingnya rempong dhe, nelp buat minta jam 10, padahal udah janjian jam 11 pagi. Nah, gw sih oke” aja ke dia, si derwinnya protes soalnya klo pagi” ada emba mingguan, kudu nungguin dulu dia baru bisa pergi kan. Nah, si marketingnya ini seolah-olah gak bisa kalau gak pagian, nah si Derwin jelasin donk ini itu yg diatas, akhirnya bisa kan jam 11. Mba nya juga bilang, soalnya takut nunggu lah bla” segala macem. Si Derwin rempong donk, lalu dia tegesin dhe kalau misalnya jadwal itu ternyata ngerebut jadwal orang ya udah dia ganti schedule, marketingnya sendiri bilang engga kok. Ya sud kenapa rempong begitu yah?? Phewh…

                Hari minggunya, tol ke gading lancar.. Sampe di gading aja tuh agak macet, jadi sampai sekitar jam 11 lewat dikit kok. Di sambut sama marketing yang deal di pameran, diajakin langsung liat” dna cobain gown. Diajakin dulu liat gown baru, gw sih males liatin satu” hahaha, lalu pas ditanya cc maunya model kek gmn? Gw bilang gw maunya yang simple, jangan yang lebai banyak hiasanya dll. Hehe. Lalu dikasih lah 1 gown, second katanya, kalau yang baru” rata” banyak mote”, permata, dll largh. Gown ini simple sih, ada jahitan macam motif gt dari bawah gown ke atas, lalu di pinggang ada pita dan tengahnya ada permata. Gw gak gitu suka, derwin suka katanya simple.

                Lalu gw di kasih cobain sampe 5 gown, gw suka gown ke 3 sama 5, yang di catet 1,3 sama 5. Hehehe. Gw ngerasa udah cukup, langsung kebawah lagi dhe buat ngomongin bayaran. Dari kemarin marketingnya udah nelp derwin, bilang ada promo hardcash neh. Kan kita udah DP 30%, harusnya bayar 40% berikutnya, dia nawarin kalau bayar 50% cash keras *bener” bawa uang tunai* bakalan dapat bonus upgare foto pigura/kanvasnya. Si derwin mah biasa” aja, ambil yah ambil aja toh memang harus dibayar kan semua ini?

Yang gw baca nih, kalau ke JJ kan biasa di kasih the ijo kan yah? Kemarin disuguhinnya aqua gelas tuh, bukan the ijo yang lain juga nampaknya. Haha. Back to topic, sebelum derwin setuju untuk bayar dia gw suruh nego, kan kita mau ambil prewed outdoor juga, fotonya Cuma dapet 20 + bonus 5 masa indoor outdoor? Mana cukup? Tsk tsk tsk.. Gw suruh, gak usah di upgrade piguranya, tambahin 5 foto aja, dia bilang gak bisa. Ya sudah lah, udah beberapa kali minta gak dikasih. Abis itu akhirnya derwin ok bayar 50%, ambil duid donk di ATM, dianterin sama supir JJ, niat banget gak she mereka??

Nampaknya gw gak bakalan bisa balik retouch ke bridal, karena waktu yang mepet, pemberkatan aja mule jam 12 siang rencananya dan gedung gw jauh di Jalan Panjang, resiko ngaret banget kalau maksa balik retouch ke bridal. Sebelumnya kita bisa panggil MUA buat ke hotel/venue buat retouch tapi bayar. Nah kemarin sambil gw tunggu derwin ke atm, gw tanya sama marketingnya brp duid kalau datengin MUA nya? Seinget gw dia ada bilang sekian jt, karena cc MUAnya dapet by request. Ooo.. Gw tampung dulu donk infonya. Lalu, dia tanya gw mw MUA sp? Gw kagak tau sebenernya, akhirnya gw pilih aja dari album prewed yang bagus makeup bride-nya. Hahaha.. Gw tanya juga kalau MUA yg gw pilih itu bisa dipanggil kan? Dia cek jadwalnya dulu trus bilang, gak bisa jadwalnya penuh.. ==”” Gw ada tanya juga, bonus make up mama gw mau pake di sore, gak di pagi boleh kan? Dia bilang boleh. Okeii dhe..

Derwin mayan lama banget di ATM nya, ada 30 menit gituh padahal deket katanya, ternyata ada trouble dikit. Pas mau bayar, kan marketingnya bikin bon.. Kok aneh banget yah itungan nya? 50% itu langsung dari 16jt++ udah di tambah 1 jt, tidak dikurangin DP. Lalu di tambah lagi 1 juta, loh? 1 jutanya itu dari mana lagi yah? Kan kalau yang prewed outdoor nambah 1jt udah di tambahin di 50% itu. Derwin gak ngerti donk, dia tanya ini apah? Dia bilang ini kan prewed outdoor ko, iyah, trus kenapa itu 50%nya 8.750.000?? Si marketingnya gak ngudeng donk!! Donkkk Donkk Donk,,, a lot bangettt… udah di jelasin, diitungin pake kalkulator masih yakin gak yakin, oh iya yah, trus gak yakin lagi, oh iya yah… akhirnya dia nyerah bilang tanya sama spv nya dulu,,, erhhh… Dan ternyata bener dia salah ngitung! Maksudnya bener, mau 50% dari yang udah kita bayar + 1jt, salahnya 50%ya dia udah tambahin 1jt + 1 jt lagi, selisih 500rb. Derwin sewottt banget donk, kesel dia.. Ckckckck… Geregetannn banget sama marketingnya. Trus di suruh ganti bon, karena gak mau ada coretan angka, dia gk ganti malah td tangan spvnya gt, si derwin capek ya udah sutralah. Hmmm…

Udah kelar bayar, langsung capcus, dan gw baru tau kalo derwin kesel lagi gara” marketingnya cengengesan bilang sorry pas bukain pintu pas balik, tangan kek hormat bendera ke derwin trus bilang sorry yah ko. Nah, dia gak seneng gara” cengengesan banget sih, sedangkan derwin itu orangnya serius, becanda boleh ada waktunya, liat sikon, gak lagi saat kek gini, gtuh kata dia.

Lalu gw ke mangdu, makan dulu, trus gw bilang sama derwin, kalau manggil MUA bayarnya sekian, lalu gw gak bisa panggil MUA yg gw request karena full jadwalnya. Si derwin langsung telp marketingnya, cuman engga angkat, yasud telp ke bridal yang angkat marketing yang lain. Alot oiii, nanya kalau manggil MUA keluar bisa kan? Bisa, bayar sekian. Kalau panggil MUA si ini bisa di tanggal segini? Gak bisa, jadwalnya penuh. Kalau MUA yang lain bisa kan? Bisa asal ada yang available ko. *Derwin mulai sewot, lalu minta marketing yang ngurus kita buat telp derwin* abodement bengkak dhe buat nelpon sewot…

Lalu telp lah marketing yang bersangkutan ke derwin, intinya kalau panggil MUA yg gw request pas retouch gak bisa soalnya full. Kalau MUA lain bisa, akhirnya kita ok, lalu dia minta jam 4 sore, kita req jam 3 sore. Di hari minggu itu belum sewot, seninnya si marketingnya telp derwin, gw lupa dhe kenapa sampe si Derwin sewot, inti salah satunya kalau make up mama pas sore (panggil MUA, masing” nambah 1jt lagi, kan tadinya dapat bonus) sama jadwalnya kayak harus ikut dia, kita minta jam 3 sore gak bisa janji gt loh, mungkin jam 4 sore. Phewhh.. keselnya tuh, gak bisa memenuhi keinginan cust, gak minta gretong loh, bayar loh manggil mereka, masa kita minta jadwal sesuaiin sama kita gak bs sih?

Pas survey venue, ada yg bilang kalau bridal di gading walau lu mau bayar pun MUA nya gak mau keluar, tadinya gw gak percaya, ada kejadian gini percaya gw sama orang ituh… *Gw agak nyesel nih langsung deal, harusnya gw lihat venue gw dulu fix nya dimana* Huhuhuhu….

Si Derwin telp ngoceh” cerita ke gw ini itu, pusing gw, gw suruh dia telp spv nya aja, lurusin ini smua. Pas udah di telp yah bener lurus kan masalahnya, clear.. Kalau panggil MUA, sekian juta *gak semahal yang g sebutin ke derwin*, lalu make up mama tambah 1 jt masing” karena MUA nya beda orang lagi sama bride *gw pikir bonus, bisa sekalian gt loh ternyata gak sama MUA-nya* , phewh, lalu fix bisa panggil MUA-nya kok, jadwal kita mintanya 3 sore, katanya diusahakan 3.30. Tadinya gw minta bilang gini, klo gak ada MUA u yang bisa di panggil ya udah dhe refund berapa gituh buat retouch, trus dia bilang sorry ko gak bisa itu kan bonus dari kita, kalau bonus itu terserah ko” mau diambil atau tidak, tidak bisa refund. Unek” tentang bawahannya juga di sampaikan ke spv-nya, dan dia say sorry, yah lumayan bikin si derwin gak sewot lagi. Trus malemnya spvnya ada sms ke gw dan derwin, say sorry bla” ada kejadian gak menyenangkan bla”.. Besokannya marketingnya yang sms minta maaf ke derwin, yg ini kyknya di cuekin. Moga” abis ini lebih baik lah servisnya, kalau gak bisa dijelaskan mengapa, pasti kami akan terima kalau penjelasannya bisa di terima.  

Kamis tanggal 13 ini mau kesana lagi buat milih gaun buat prewed, mudah”an gak bikin sewot lagi yah… 

 update: setelah komplain itu marketingnya so much better, gak bkin kesel lg dan servicenya gak cengegesan jg. Lalu pas mau ganti gaun warna bwt prewed jg msh boleh. Lalu pas abis pilih gaun prewed yg pertama juga di kasih greentea, yg kedua gw lgsung pulang ajah abis mrktingnya keknya lg sibuk jg, ya ud dhe. Semoga semua berjalan dengan lancar yah..



IMPORTANT NOTE : Harusnya milih Venue, Tempat pemberkatan (Mesjid, Gereja, Vihara, Klenteng) dulu, baru bridal, supaya gak mepet” waktunya dari pagi missal dari rumah/hotel ke Bridal, balik lagi ke rumah/hotel, lalu ke tempat pemberkatan, lalu ke Bridal buat retouch lalu baru ke Venue Resepsi. Jakarta tuh macet dan diluar dugaan, mendingan tempat” yang aku sebutin diatas kalau bisa gak dari ujung ke ujung. 

36 komentar:

  1. aaaww ada calon pengantin.

    selamat yaaa

    de bantu doa smoga diberi kelancaran semua prosesnya dan selalu dipermudah. Amin

    BalasHapus
  2. Mba De: iyah, doakan smoga semuanya lancar sampai hari H yah... maacii mba de :)

    BalasHapus
  3. Hai2.. Salam Kenal ya.. Baru pertama x comment nig. Btw congratz ya buat rencana meridnya. Hehe

    Penasaran sama marketingnya siapa. Bener tuh klo mao pilih bridal kudu tau venue dan tempat pemberkatan + 1 lagi.. Rumah masing2 capeng. Soalnya kan ada jemput2an di pagi hari tuh.. Info tambah yg ga tau dikau tau apa ga. Kalo make up nya super pagi kena charge lagi kecuali tgl rame. Jadi capengnya itu ada banyak n si jj lah yang mao ga mau make up super pagi. Kalo ga salah jam 6 ya paling pagi (agak lupa antara jam 5 apa jam 6)..

    Kalo rumah kalian ber 2 jauh sekali ditambah tempat pemberkatannya kan otomatis kudu subuh make upnya. Jadi jangan lupa dipertimbangkan.. Hehehe

    Terus masalah discount, baru tau itu bs nego. Rasaan dl uda pasti upgrade gown 50%.

    Kalo make up hari pas resepsi, sayang jg ya bayar 1 juta per orang.. Apa ga mending cari mua luar aja? Yg buat keluarga? Soalnya jujur ya klo yg buat keluarga di kerjain ama assistant2 doang alias mbak2nya. Jadi kurang gt wah ya. Apalagi buat mak2nya. Mending paginya aja dipke bonusnya. Buat resepsi cari mua lain.. Biasa cm 300-500rb uda bagus.. Nanti aku bisikin mua yg mirip2 jj hasilnya kalo mau..

    Hth ya.. Sorry kepanjangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta referensi MUA nya donk Sinta... ke email agustiany_lilly@yahoo.com

      Hapus
    2. Bole minta kontak mua buat mama yg hasilnya bagus say tolong kirim ke sienvi90@yahoo.com thank you

      Hapus
    3. boleh minta kontak mua buat mama ke email smiley_gel@yahoo.com atau wa ke no aq 081806273809 mau tanya2 soal wedding hehe, tq ya sinta

      Hapus
  4. Shinta : hallo shinta, salam kenal dan thank you buat masukannya...
    untuk rmh msg2 capeng ak lp masukin krna ak rencana nginep di hotel br ke bridal.. Jam 5 pagi, kalau lebih pagi lagi itu overtime.. kira2 disana brapa jam yah??
    klo yg disc gown, ak tanya ini aj bonusnya? dia bkin jg 50% dr akitar 45, klo gt smua sama donk yah? haiahh... klo gt gak bonus2 amat yah? std mreka kek gt buat ap mreka kluarin harga mehong2 gt yah? haha
    Yang ak minta nego tuh free retouch 2 mama tapi gak dapet tuh.. haha
    untuk mua mama msh di pikirin sih, klo ad mua boleh donk di referensiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotelnya deket bridal kah? 2-2 keluarga di hotel? Jadi jemput2an di hotel ya? Biasa 1-2 jem make up (agk lupa)

      Yg pasti dl nginep di aprtmn gading, gereja di mt haryono, pemberkatan jem 11, lumayan pas bener jamnya. Kirain bisa santai dikit..

      Ada email ga? Kt kudu by pm nih ngobrolnya biar enak.. Tar aku kasih contact si muanya. Dia mntan anak jj juga

      Hapus
  5. Justru hotelnya jauh dr bridal, bridalnya doank yg jauh dr gereja n jg venue resepsi. Jd yg deketan itu gereja, tmpt resepsi sm hotel. Iy 2 keluarga nti nginep di hotel biar gak rempong. Hehehe..

    Ad, sheppo.jurie@gmail.com.. Thank you yah :)

    BalasHapus
  6. wah... senangnya yg mau jadi manten... emang seharusnya cari venue dulu sih baru cari yg lain2nya... tapi jujur, waktu aku dp di new brides gading juga ga kepikiran masalah jarak hahahaha... padahal uda tau venuenya dimana... pas nyusun rundown baru kalang kabut ternyata waktunya mefet semua... bridal di gading, otomatis retouch kudu balik ke gading lagi... kita ga kepikiran buat sewa mua, selain keluar biaya lagi, males repot juga hahahaha... jemput2an di jakarta barat.. gereja di jakarta pusat... gedung di jakarta selatan... itu satu jakarta uda diacak2 kayaknya hahahaha... untungnya hari itu jalanan ga macet sama sekali, jadi suprisenya...on time semua hahahaha...

    BalasHapus
  7. Mell: Dikau sih superbbb banget tuh jadwalnya, berhub co eke parnooan, dia gak mau ambil resiko balik ke gading lg dr barat takut macet.. Kayaknya klo u schedullenya memang mepet tp dr greja u ke gading kyknya gak sejauh dr greengarden gading, lalu dr gading ke jln panjang lagii.. amsyong kan?? Huhuhu... Iyah sayang duidnya sih, cuman lebih takut ngaret, macet bisa kacauu dhe entar.. Takut gak ngejer waktunya.. huhuhu... kyknya greja jg mw siang aja :( cmn blm ktemu wo, mw tanya mreka enak jadwalnya gmn... klo bs gak panggil mua sih lebih baguss :D...

    BalasHapus
  8. selamat yah Jurie tau2 balik baca sini udah persiapan merit aja hehehe semoga semuanya lancar2 :)
    kl dulu gw nggak pake bridal2an karena males paket2annya itu hehehe jd semua bener2 lepasan kebetulan pula byk temen yg bergerak di bidang wedding jd dpt vendor kualitas butik harga supermarket *rasanya kl suruh merit skrg pake vendor2 tsb udah nggak sanggup* hahahhaa

    dan gw pake MUA lepasan bayar jd harganya udah tmsk dia dateng pagi2, dan sore2 buat retouch hihihih bayar 2 orang mua buat make up in mama juga, trus bayar mua versi murah buat make up penerima tamu rangkep pembawaa persembahan sama pager ayu hahaha bajunya ngeset semua udah bikin sama designer yg sewa cum wedding dress itu juga bikin baru sesuai keinginan, sisanya hak milik

    BalasHapus
  9. ci felis: thank you cii, nti tggu hari H nya di congratz biar sah.. hehehe..

    dl gak ad ide tth lepasan semuanya klo bridal, kyknya diitung2 lbh mahal dhe, cmn bener2 sesuai yg kita mau sih ya.. klo bayar designer gaun yakut budget bengkak.. hehe

    BalasHapus
  10. Haiii Jurie.. salam kenal. :)

    Aku juga pernah kejebak di JJ. hahaha.. 3 jam boo gak bisa keluar lagi. kudu deal. tapi akhir kata bisa lepas juga. Awalnya aku pengen pake JJ, tapi setelah gencar dan maksa, jadi males banget. dan bukan itu aja. aku cuma mikir penambahan fotonya aja yang sampe puluhan juta *dibandingkan dengan paket gown, make up dan foto*.

    Tapi semuanya balik kembali ke capeng yah.. sukses buat kamu. semangattt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga evita... :)
      Wah hebat banget km bs keluar dr jeratan mrketingnya?? Tapi lama banget yah kamu dsana 3 jem.. Hohoho

      Iyah thank u, doakan sukses :)

      Hapus
  11. Hallo jurie..aq bisa minta emailmu ga?mau tny2 sm km ttp paket yg km dpt d jj nih soalnya aq rencana pake jj jg tp koq hrga yg d kasi mktgnya sm aq mahal bgt..jd kudu d bandingin ni..tq ya

    BalasHapus
  12. Hallo jurie..aq bisa minta emailmu ga?mau tny2 sm km ttp paket yg km dpt d jj nih soalnya aq rencana pake jj jg tp koq hrga yg d kasi mktgnya sm aq mahal bgt..jd kudu d bandingin ni..tq ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, kamu email aja ke sheppo.jurie@gmail.com :)

      Hapus
  13. Halo jurie, salam kenal ya..aku chyntia..hehehe, kita sama2 lg wedding preparation jg. Aku jg pernah mampir ke jj, iseng2 buat nanya. Tapi karena aku udh baca2 review dr yg laen kl marketing nya agak maksa & susah keluar, makanya aku datemg ke showroom nya jam 20.30. Wkwkwk, jadi aku berhasil keluar dr jj dlm waktu setengah jem. Udh mau tutup soalnya. Hihihi.

    kl soal bridal, pemberkatan, venue, udah aku pikirin dr awal2. Makanya aku cari semuanya yg di jakut. Trus jg pilih resepsinya di hr minggu, macet nya ga terlalu parah.

    semangat ya buat preparation nya.

    BalasHapus
  14. rochan: hai salam kenal juga... Hebat banget km sampe niat malam" kesana ^^, kalau kamu diajak cobain gown nya bisa beda cerita nih.. hihihihi... ^^

    Iyah, karena aku dadakan banget jadi udah agak kacau dhe mikirnya... iyah km jg semangat bwt prepare nya.. ^^

    BalasHapus
  15. Lam kenal Jurie.
    Wah dirimu jauh2 yah antara pemberkatan sama bridalnya?
    Aku malah lg cari vihara yg deket sama bridal biar ga susah
    Untungnya venue resepsi ga gt jauh jg sama bridal,satu jalur jg
    Slnya jalanan jakarta skrng ga ba diprediksi takut macet
    Tp mudah2an semuanya lancar yah

    BalasHapus
  16. Hai Renie, salam kenal.. ^^
    Iyah, dari utara ujung ke barat.. >,< iyah... takut macetnya kota jakarta tercita gak bisa di prediksi...
    Iya thank you yah, mudah"an semuanya lancerr... hehe

    BalasHapus
  17. Haii sis Jurie :)
    Salam kenal ^^
    Aku mau tanya km pake paket di jj bride brpaan??
    Bisa minta line km??
    Hehehehehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii susan Ti, boleh.. add aja di sheppo.jurie
      hehe

      Hapus
  18. huahh.. pusing ya ngurus pernikahan kalau budget nya ga kaya metik daun di po'on bringin.. . jadi rata rata kalau wedding di jakarta sekitar 20jt an ya? uda termasuk pre wed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah rata" 20an.. sudah termasuk prewed, cuman itu yg std sih klo gw bilang ^^

      Hapus
  19. Hi.. Aq jg deal di jj feb. 2014 kemarinTp bru sibuk'y sekarang nic,soal'y udah mau deket..
    Aq blh email qm ya,mau tnya2 jg..
    Thx before..

    BalasHapus
  20. Hallo sis… Siapa tau lagi ada yang butuh referensi wedding photographer di jakarta,, gak ada salahnya liat Thepotomoto Photography deh, foto wedding dan pre wedding menurutku sih keren! nih websitenya: www.thepotomoto.com

    BalasHapus
  21. Makasih infonya sangat menarik. Untuk yang butuh informasi traveling keren buat para travelover bisa main ke web Travel keren

    BalasHapus
  22. Minta referensi MUA ny dunk Sinta..k email shianny313@gmail.com

    BalasHapus
  23. Ak jg lg prepare buat wedding, tp masih lama sih thn 2016,
    btw bisa minta infonya ttg refrensi MUA yg mirip2x JJ?
    Via line veronica.yap / email veronica_yap@ymail.com
    Thanks yaaa :)

    BalasHapus
  24. Bisa minta masukan gk MUA JJ yg bgs donk..dorisjenjen@gmail.com

    BalasHapus
  25. Bisa minta masukan gk MUA JJ yg bgs donk..dorisjenjen@gmail.com

    BalasHapus
  26. hai jurie chan,, aq jg pake jj bride,, mau tanya2 sama km boleh? minta wa km yaa

    BalasHapus
  27. aq mau over dp hotel orchard,injoy bridal,new brides minat wa aq yaaa 081806273809 tq

    BalasHapus