.

Minggu, 21 September 2014

Cerita Sanjitan kemarin...

Sangjit adalah salah satu prosesi pernikahan dalam budaya Tionghoa. Sangjit dalam bahasa Indonesia berarti proses seserahan atau proses kelanjutan lamaran dari pihak mempelai pria (dengan orang tua, saudara dan teman dekatnya yang masih single) dengan membawa “persembahan” ke pihak mempelai wanita. Acara Sangjit biasanya dilakukan setelah lamaran dan sebelum wedding, atau biasanya antara sebulan sampai minggu sebelum acara pernikahan secara resmi. Waktu pelaksanaan prosesi sangjit umumnya berlangsung pada siang hari, antara pukul 09.00-13.00. 

Pas awal" gw tanya ke Mama gw dan Mama derwin, mereka malah Blank Sangjit apaan?? karena di mreka istilahnya beda lagi, walau derwin punya cc 3 orang, tapi mereka ga ada tradisi seserah"an gtuh, mungkin ada acara lamaran dan bagian makan"nya. Nah kalau mama gw, udah gak ngerti juga secara sodara trakhir merit ya cc spupu gw, dan itu yang ngerti keluarga pihak co-nya, dia ngikutin aja. 

Jadi, dari pada pusing gw cari tau tuh sangjitan gimana, dan gw persimple :p, walau pas dilakuin si derwin ngoceh" ribett bla" nanti klo punya anak gak usah kyk gini lah, nah gw sih gak perlu ribet yang penting ada, dan slalu brakhir gw kesel, soalnya dia mw merit tp gak mau ribettt mana ada?? =.= Dan, gw pengen aja lnjutin tradisi kek gini, walo gak lengkap dan bikin simple.. Hoho..

Nah, acara lamaran sendiri mama derwin maunya terpisah, dan udah kita lakuin beberapa bulan lalu, gw aja gak inget, soalnya cuman keluarga inti dia dan gw, ngobrol bentar, gw dikalungin, kelarr --- hahaha... abis itu gw langsung pergii juga.. Giloo simplee banget yoo..


Nah, klo acara sangjitan sendiri cukup ribet dan repotin emak bapak gw, wkwkwkwk.. karena kudu masak dan beres" rumah, undang sodara yang lain juga. Kalau gw gempor ke glodok nyarii barang" sangjitnya.. Gw sih nemu 1 toko yang udah lengkap jualin smua barangnya, kalau beli disana dia bungkusin. Cuman kudu sabar sama mbak"nya, niatnya bantu cuman kepoo eh terus membelokan rencana gw semula.. Hahaha..

Gw lupa dhe tokonya namanya apa, glodok, belokan masuk gang, ad plangnya jual perlengkapan buat nikah gt dhe. Disana memang lengkap, cuman yah std sih modelnya, bakinya yah merah" smua, atau merah ada emas"nya, putih, ga ad variasi lain, trus ad couple yg bisik" dan bilang ga gt suka modelnya. Gw juga sih, cuman udah malas muter" cari lagii, yang penting ada dhe.. +.+

Jadinya gw yg beli disana Baki, Baki +kaleng buah n kaki babi *bungkus disana, Baki +anggur, permen sama lilin*, sisanya gw beli sendiri n bungkus sendirii...

Nah ini lah barang sangjitan ala gw..

1. Perlengkapan ce -> baju, sepatu, kosmetik, tas, dompet



2. Buah ( Jeruk & APel , masing" 12)


3. Kue (5 macam, cuman gw ga tw apa aja, masing" 12 pcs juga)


4. Buah Kaleng ( Buah 8 kaleng, kaki babi 4 kaleng) total 12


5. Anggur (2), Lilin (2), Permen (2kotak)


6. Tempelan Sung Hi (2) *biasanya orang pakai kain merah, trus tempelin di atas pintu depan rumah, karena ga mau ribet pake tempelan kyk gini, Angpao Lamaran & Uang Susu.


Kemarin sih acaranya baru benar" mulai jam 10.30an, tapii sodara eke udah ad yg dtg dr jam 8 pagi, jam 9 pagi smua udah complete =.=, nih kyknya emak sm bokap eike miskom kasih tau jamnya, jadinya smua udah pada nunggu lama sampe laper... Udah kel derwin dateng, ngobrol" bentar, untung ada Ghiw pho gw yang bisa membawa suasana, kalau gak bakalan jadi krikk-krikk tuh acara, secara orang memang banyak, cmn pada diem" gt smuaa -.-..

Udah ngobrol", makan kue, tak pake basa basi suruhh makann dhe.. udah kelar makan lanjut ngobrol" lagi, apak gw nyeletuk, katanya acara kayak gini gak boleh bertamu lama-lama, untungnya dari tadi gw udah pisah"in barang yang mau di balikin.. Jadi bukan bermaksud ngusir, jadi kel derwin yah abis kita balikin bakinya langsung pulang dhe..

Oh ya, yang anter dan terima bakii harus masih memiliki pasangan yah, jangan yang sudah duda atau janda.. Katanya kalau Makin tua pasangan yang anter atau terima makin bagus ^^, kalau misal istri"nya yg dateng tapi suami gak ada bisa katanya. Kalau gw untuk kemarin apak gw dari bangka dateng jadi pas ada 3 couple. Nah yg dari derwin cuman ada 2 couple, jadi cici dan suaminya bawa 2 kalii dhe. ^^ Trus yang nerima dan antar baki di kasih angpao 1 1, dan kmren masukin angpao juga ke baki, tp kyknya yg itu ga harus dhe.. hoho,,

Jadii untuk pembagiannya, baki" kue, buah, buah kaleng, smuanya di ambil setengah, kan smua 12pcs, jadi gw mabil 6pcs, masing". Lalu yg lilin gw ambil sepasang, permen ambil 1 kotak, dan 2 botol anggur gw ganti sirup marjan,, wkwkwk liciknyooo ^^ *emang udah begitu dari sananya wkwkwk*, terus yg bakii isi perlengkapan ce, gw ganti sama punya co smua.. Dan yang baki terakhir, tempelan sunghi langsung di ambil tempel di depan pintu rumah, dan angpaonya nihh *Katanya tetua ambil duid susu semua*, duid lamaran jangan di ambil, kalau duid lamaran di ambil katanya yang bayarin pesta pihak ce, cuman duid susu wajib di ambil. Tapi karena gw udah wanti papa gw biar gak jual gw *kasar nya gtuh* jadi duid susunya di ambil atas dan bawah aja.. wkwkwkwk

Baki Co : Baju, celana, sepatu, dompet, parfum, gesper

Udahan acara, yang tetua pada komen bapak emak eke, kenapa gak di ambil smua duid susunya soalnya, klo mereka bilang, duid susu klo gak diambil smua itu kalau anaknya ada ribut" boleh ikut campur papa mamanya, kalau duid susu diambil smua papa mama ce gak boleh ikut campur... Wkwkwkwk,, makanya, makin banyak denger makin pusing kan??

Udah kelar acara ini lega lah eke, kurang dari 6 hari lagi menuju hari H >,< doakan sukses dan lancarr yoo... ^^

15 komentar:

  1. congratz ya jur..one step closer to the day. :)
    yah, namanya tradisi jadinya ada yg blg begini, ada yg blg begitu. gw jg ga ngerti yg benernya kaya gimana. wkwkwk.
    konsep lamaran nya u bakalan sama kaya konsep lamaran nya gw nanti. makan2, dipakein kalung, pulang deh. bingung jg mesti ngobrol apaan ya. hahaha.

    yup, semoga sukses & semuanya lancar sampai hh nya selesai ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankkksss cyn,,,

      aminn.. ^^ iyo, bisa di sesuaikan dengan tradisi keluarga u nya juga,,

      klo yg ngobrol kudu carii yg bocorrr dr pihak kluarga, biar seruu.. hoho

      Hapus
  2. congrat yaa jur....tinggal sedikit lagi yaa
    iyaa klo mao ngikuti tradisi sedetail mungkin kayakny udh susah yaa, jadi gw pun di persimple....ceritanya asal ada dan gw lamaran ma sangjit dijadiin satu gt

    NB : nampany sama ma punya gw jur hahhahaha,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mir thankk u *peluk*, nampan dkk pasti beli di glodok ya? makanya samaan kita.. hihi..

      gw mw nya juga lamaran n sangjit jadi 1, cuman mm derwin tak mau, jd ya sudah jd pisah.. hoho.. Pdahal klo dijadiin 1 lebih enak ga rebet.. hoho

      Hapus
  3. Selamatt Jur :D Satu2 kelar yah..hehe..

    Gw malah seneng lho ada tradisi2 gini. Jadi ga asal lewat gitu aja nikah udah.. :D Untung si Ai Batak masih ada tradisinya. Kalo gw mah suku Minahasa lewat gitu aja :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Py,,,

      Kadang" tradisi perlu di pertahankan yah py, biar ad yg bisa di ceritain ke anak cucu nanti *ce ilee* hihihi..

      Sayang juga yah klo di lewatin, mngkin keluarga juga ga terlalu inget kali dulu tradisinya bgimana.. hoho

      Hapus
  4. Congrats ya Jur uda sangjita :)
    Tapi iya loh beda2 namanya sesuai daerah, tapi intinya seserahan hehehe
    Semoga lancar ya persiapan menuju hari H ya Jur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankkss Sur...

      Iyo, tiap daerah beda" tradisinya, yang penting intinya sama lah yah.. ^^

      aminn :D

      Hapus
  5. waw,.. abis sangjit ternyata.. hihihihi..

    kebantu bnget nih gua buat isi-isi nampannya hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyooo mello, itu angka buah kaleng, kue gw kan 6,6 u bisa 8,8 pokoknya terserah kita, yg penting angka bagus.. hihihi..

      sama yg baki ad angpao sama sunghi, biasa ad perhiasan juga ^^

      Hapus
  6. Akhirnya jurie nonggol juga hahaha..
    Congrat yah jur akhirnya kelat sangjit juga dan skrng tinggal nunggu deg2an hari H.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah ren, demii... klo ga di niatin gw gak bakaln post.. males banget gw orangnya.. Hihihi,,,

      iyahhh gilee menghitung harii gw Ren,,, ^^

      Hapus
  7. Jur congrats yaa! sama kayak mei.. G juga kebantu sama isi2 nampannya dan tata caranya hahaa :D SMoga lancaarr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankss Fannyyy... ^^

      Iyo, bisa di sesuaikan lagii yah sama keluarga u-nya, hehe.. klo gw minta referensii darii temen, sama blogger" yg ud merit.. sama yang jualan perlengkapan beginian donk, gw di ajarin sama mbaknyaa wkwkwk

      Hapus
  8. Ciee Mrs. derwin... Ehmm... Selamet yaa nyak... Btw u look so different, ur husband too...

    Kalau gaun bs pke ijo tosca jg pke ijo yahh... Hahahahha

    Hmmm masa sih yg bawa baki hrs ud married? Gw malah senang bawa baki. Bisa kaya mendadak cuma bawa baki 2x jalan. Gw ud beberapa x d suruh bawa baki. Lol...

    Emg tu uang susu ama uang lamaran bikin ribet

    BalasHapus