.

Rabu, 01 April 2015

Visit Bangka 2015! - 2. Eat and Eat and EAT!




Well, Post ini isinya tetang semua makanan yang gw makan di Bangka, mostly yah memang yang signature sana.. Kalau ada yang gw skip brarti gw makannya sama.. Mie lagi mie lagi.. Karena keluarga yang sekarang isinya derwin yang agak alergi seafood, mamer yang udah jaga makan jadi seafood udah ga terlalu makan, jadi kita ga makan seafood sama sekali. 

Padahal eke mau banget hiks,, klo pulangnya sama Bonyok gw pasti makan seafood ampe enek" dha.. haha.. udang? di rebuss trus cocol kecap asin yang ada cabe rawitnya.. Nyam! Kepiting?? Bisa di rebus atau dimasak pake soun.. cocolannya juga sama.. Kerang?? di rebus.. Ikan?? Di bakar.... uh lala.. ngilerr... >,< 

Ok, eke stop ngebayangin yang gak kesampean!! Mari kita bahas yang ada di Pangkal Pinang aja dhe hwhw..


1. MIE BANGKA - must!!

Mau Resto atau Toko smua depannya "A"

Bentuk ga penting! Yang penting ENAK!! wkwk

Mie Bangka?? Wajib banget pakai Jeruk ini, rasanya lbh wangi n pas!!
Klo orang bangka bilangnya Jeruk Kunci..
tp entah mengapa temen gw yang  orang kalimantan klaimnya ini jeruk kalimantan atau pontianak gt *gw lp temen gw pernah ngomong gt*

Klo di tempat mie Bangka di Jakarta, pasti juga ada jeruk ini.. :)

Untuk mie" disana rata" gak halal pastinya, karena dagingnya pakai pork. Tapi ada juga yang halal dengan judul Mie Ayam yang jual dan yg beli rata" yang muslim. :)



2. Es Kacang Merah - must!!

Duh setiap gw pulang Bangka, pasti nyarinya ini dhe.. Pas hari pertama muter" jalan kaki di siang hari, abis minum ini langsung seger dan adem!! :)




Jajan es di Warung :)

3. Nasi Capcay

Malemnya, kita makan chinese Food. Derwin demen banget makan Nasi Capcay, katanya beda sama yang Jakarta. Klo yang bangka dia ada pakai saos tomat, gw pernah makan yang agak extreme dhe pas trakhir pulang, apak gw pesen gt, capcaynya warna merah *kok gw horor yah* tapi rasanya ga pedes, malah asem dan manis.. hahaha..

Kenapa ga pake must?? *karena bukan favorit eke* hahaha..

Nasi Capcay, ada telor mata sapinya ngumpet du bawah..

Jadilah gw makan Chaw Pan Thiaw (Kwetiaw goreng, gampangnya)

*Ak lbh demen kwetgor tek" drpd kwetgor chinese food/kwetiaw sapi memang*
Makannya disini, lagi kan pake "A"
Besok paginya, abis cc derwin sampai rumah udah tau donk mau sarapan apa ;) Langsung dhe kita jalan kaki ke TKP..


4. Cu Fung Moi




Cu Fung Moi ini bubur yang isinya Cu Fung (Darah b*b*), itu yg kotak" merah di foto atas.. Gw juga baruu tau loh klo itu darah. *kemana aja gw??* Haha.. Padahal waktu gw kecil masih tinggal disana, klo hari minggu papa gw suka ajak ke "kota" Belinyu buat makan bubur ini. #Maklum rumah pho" gw udah di desa, desanya lagi# Hahaha..

Yang gw makan sekarang kayaknya sudah di modif dhe, ada pork cincangnya juga. Rasanya juga sudah beda sama yang dulu gw makan pas kecil. *Ya iy masih inget gt?, entah mengapa gw inget banget memory makan bubur ini sama papa gw, walo baru umur 3/4 tahun waktu itu*

Kata cc juga rasanya beda, yang di Jakarta dia  makan lebih asli malah dibanding yang ini. hwhw..

Rame banget kan yang makan??

Disinyalir tamu dari Jakarta tuh kebanyakan, soalnya pada pulang untuk CengBeng :)

Habis makan, kita langsung pulang mandi dan udah di jemput buat jalan" dhe.. Siangnya mamer udah beliin kita makanan, malemnya cc sama derwin nostalgia sama makanan yang mreka pengen dan kangen.. Ada mpek" sagu, pecel, tekwan.. *Eke ga foto karena kyknya kurang khas sana ya* Haha..

Hari ketiga disana yang merupakan hari terakhir, sarapannya mie mie an lagi di ASIU, gw beli pangsit aja dhe.. Bosen, dari kmaren makan kluarga mie"an terus.. eke ga poto karna sama lah kyk pangsit yang lain.. Makan siangnya juga di tempat makan chinesefood yang buka. Yang mana derwin ga bosen donk makan Nasi Capcay, dan gw makan Bihun Goreng! LoL!

Disana terbalik! Klo buka tempat makan ramenya di hari biasa, minggu banyak yang tutup karena sepi. Kalau hari minggu lebih banyak makan dirumah atau resto dekat tempat wisata/jalan" atau resto yang lebih 'mahal'.. Hihihi..


5. Oleh" - must!

Klo gw bilang di Bangka itu mau beli oleh" gampang banget dhe gak bingung!! Ada
-. Kemplang : prosesnya di panggang
-. Krupuk : prosesnya di goreng 
-. Getes
-. Manisan Krubi
-. Kacang Teng"
-. BongliPiang : Kue yang dalemnya ada selai Nanas
-. Terasi
-. Abon Ikan
-. Otak"
-. Empek"

Dan masih banyak lagii dhe.. Disana banyak toko yang khusus jual oleh", klo pusat oleh" kyknya belum banyak.. Disana lengkap dhe.. Klo otak" kyknya harus pesan langsung sama toko yang jual otak"..


6. Sau Cu Nyuk - must!

Babi Panggang, gw baru sadar klo makanan ini terkenal banget.. Hahaha.. Katanya kalau Sau Cu Nyuk bangka lebih garing dan bumbuny lebih meresep enak.. 

Kalau gw sendiri, karena ga terlalu Favorit jadi ga terlalu gimana yah.. Haha..

Kalau mau beli, sebelum masuk ke Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang), diseberangnya akan ada banyak penjual Sau Cu Nyuk, yang pakai motor, belakangnya ada kotaknya gt.. khas banget dhe mereka.. jadi gampang banget menemukan mereka.. 

Yang enak yang mana?? wah, bingung dhe eke jawabnya.. hwhw...



Sekian post eke kali ini tentang makan makan di Bangka, kalau eke pulang kesana lagi dan makan makanan yang berbeda akan eke post... Huahaha...





24 komentar:

  1. ngileeeeer jur. mana pas gw baca postingan ini pas mau jem makan siang. perut lagi laper2 nya..hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha... ngiler mau makan apa cyn jadinya?? Mie?? hwhw

      Hapus
  2. wakakaka... ini postingannya pakai sapi kontet semua :), mienya sih menggoda banget penampakannya kekekekeke :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sapi kontet tuh babi pits?? Huahaha...

      Masa si menggoda? justru berantakan, ga ad cantik"nya penyajiannya... tapi emang enakk.. huahahaha

      Hapus
  3. Kejammnyaa juriee...gw jd ileran nih liat foto2nya...btw gw doyan banget lhoo makan bakmie bangka..tapi koq di tempat gw ga ada jeruknya yaa? nanti kapanan mau coba ah pake jeruk...sluurrp

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh gawat,,, bikin bumilss ngilerr... hehe...

      Iyah rib, kudu coba pake jerukk!! Enak.. asem" gurih..
      KLo bakmie bangka tapi ga ad jeruknya disinyalirr 2 hal rib..
      1. Yang jual pelitt sediain jeruk *di jakarta agak mahal katanya*
      2. Yang jual bukan orang bangka asli.. haha

      Coba makan di Aloiii pastii ada itu jerukknya, walau dia aslinya dari Palembang :)

      Hapus
  4. Iya jurr pas gw ke bangka yang gw inget malah seafoodnya,..Ada resto yg terkenal bgt tuh apa ya namanyaa.. Hehe.. Tapi mie mie an gw jg doyann :p haha

    Dan iya babi panggangnya tdk terlupakan. enyakk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fanny pernah ke bangka juga?? wih,,, uda lama apa baru" kmren fann??

      Iy, justruu seafoodnyaa yahh!! Huhuhu.. nasibbb perginya sama yg ga doyan seafood gt dhe fan.. seafood disana lebih seger"... gw ga gt doyan makan ikan, tp ikan bakar disana enak.. hohoho...

      iyah, gw baru sadar klo tu babi famous karena u fan.. hihi

      Hapus
  5. Jur, jadi pengen ke Bangka nii, mupeng iler liat foto2 makanannya, nyam nyam..
    biasanya kalo sama temen dibawain pulang pempek bangka Jur, enakkk bgtttt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. baru x ini gw denger ad yg muji mpek" bangka.. Hihi.. u demen yg cuka tauco ya? ^^

      pdahal emang mpek" palembang sih klo gw blg paling enak.. pempek bangka agak beda.. hehe

      Hapus
    2. ga tau namany jur itu cuka tauco apa bukan, hahaha biasanya makan sama bumbu yg kayak cabe gitu jur tapi encer kuahnya

      Hapus
  6. ohh dirimu orang Bangka ya Jur..
    Huaaaaa, sumpeeehh ngiler laper dehhh..
    Gw suka banget kerupuk dr Bangka, malah suka bela-belain beli di OL shop hahaha.
    Seruuuu banget Jur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh eke orang bangka kak Nola :),, kerupuk a.k.a kemplangnya emang Juara.. hihihihi... pake sambelnya belacannya juga ^^

      Hapus
    2. Jurrrr, sejak kapan lo panggil gw kaka?
      Gw masih muda ini hahahhaa *gakterima*

      Hapus
    3. wkwkwkwk.... Iyah ga tau knp gt jd kak.. Okeii next panggil cici ya? wkwkwk
      Iy mamii muda kok Nola.... :D

      Happy gakk? happy gak? :p

      Hapus
    4. huahahaha..
      liat balesan komen lo di IG juga panggil gw kaka *gakterima* bahahaha
      iya mama muda, happy dong :p

      Hapus
    5. Huhuhu Maafkann dirikuu dhe... sampee inget gt di IG juga gw panggil kak... :p

      Iya dhe Nolaa ja yah, ga pake kak.. hihihi :D

      Hapus
  7. babi panggang juga masuk (kulitnya yg kres kres kriuk) jadi ngiler sama makanannya kalau mpek2nya gw suka kuah merahnya yg asem dikasih jeruk bukan yg tauco (gak suka tauco) ada deket tempat les gbr clarissa jual mpek2 bangka gitu hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyknya tau ci, antara pure cabe merah, atau ad yg ad terasinya.. hihi..
      Ak jg ga gt suka tauco, klo yg pure cabe msh mending dhe..

      enak ya babipanggangnya pake nasii panas cii :D

      Hapus
  8. aaaa.. mie efata yang di binus itu kan pake jeruk itu juga Jur! hahhaa.. jangan2 enci nya orang bangka? hahahha
    pengen banget bolos kerja skali2 trs ke binus buat makan bakmi efata..enak banget abisnyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.. itu orang bangka mello.. haha..

      Sabtuuu!! kan bs mello :p, sama gw pengen juga nih,, haha.. emang anak binus klo kangen mah ama kulinernya ya, bukan ama kampusnya.. LOL

      Hapus
  9. Oleh2nya kok ga ada yg nyampe kost gw yah Jur? bahaha :p *dilempar ember*.. Jurieeee.. Ngilerr gw jadinya.. Tanggung jawab!!

    BalasHapus
  10. terimakasih banyak, sangat menarik sekali..

    BalasHapus